Langkah yang di Lakukan jika Printer tidak Mau Mencetak

Ditulis oleh: Komputer Laptop Print -
Advertisement
Langkah yang di Lakukan jika Printer tidak Mau Mencetak - Apa yang harus kita lakukan jika perangkat printer yang biasa kita gunakan tidak mau mencetak? Panik, pusing, jengkel dan kesal mungkin yang kita rasakan tapi bukan itu yang kita butuhkan. Yang kita butuhkan adalah cara mengatasi printer tidak mau mencetak. Nah masalahnya kita tidak tahu apa yang harus dilakukan dengan masalah yang sedang terjadi tersebut. Jadi dengan pembahasan ini kita akan mencari tahu apa yang seharusnya kita lakukan untuk mengatasi masalah printer tersebut.

Mengalami printer yang tidak bisa digunakan seperti biasanya pastinya kita akan sangat kesal. Biasanya dalam keadaan kesal ini kita malah bisa melakukan hal-hal konyol yang hanya akan memperparah kerusakan yang terjadi. Jadi pertama kita harus tenang dan tidak emosi dalam menghadapi error printer yang mengganggu pekerjaan kita tersebut. Ini penting karena jika kita mampu tetap tenang dan tidak kesal serta terbawa emosi maka kita dapat dengan mudah mendeteksi kerusakan yang mungkin terjadi dan segera melakukan penanganan yang tepat. 

Ada satu cerita, saya sendiri pernah, sedang mencetak dokumen penting tiba-tiba printer error dan tidak mau mencetak. Sudah berkali-kali di coba tapi tetap saja printer diam seribu bahasa. Saya kesal, panik dan marah saat itu dan karena emosi dan tidak sabar akhirnya saya melakukan hal bodoh dengan menghantam printer tersebut dengan kepalan tangan. Jelas, dengan hantaman keras casing luar printer rusak tapi setelah itu printer hidup. Yang terjadi sebenarnya adalah karena masalah kabel printer yang kendor, ketika dihantam tadi kabel tersebut ikut goyang dan tersambung kembali. Yang kemudian terjadi adalah penyesalan karena meski printer bisa hidup kembali namun bagian penyangga kertas sudah terlanjur patah. 

Sedikit cerita di atas adalah contoh dimana sebaiknya jika mengalami masalah kita tetap harus santai dan tidak perlu emosi agar tidak terjadi kecerobohan seperti itu. Sekarang bagaimana dengan masalah untuk printer kita ini, apakah yang harus kita lakukan. Ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan jika kita mengalami printer tidak mau mencetak. Langkah yang di Lakukan jika Printer tidak Mau Mencetak antara lain sebagai berikut:

  1. Cek sambungan kabel
  2. Cek arus listrik
  3. Cek kondisi sebelum dan sesudah masalah terjadi
  4. Periksa kerusakan hardware
  5. Lakukan perbaikan sesuai gejala yang terjadi
  6. Printer hp laserjet enterprise 600 m603dn

Yang bisa kita kita lakukan jika printer mengalami masalah seperti ini sebenarnya yang pertama adalah memeriksa secara keseluruhan printer kita tersebut. Catat keadaan terakhir printer dan periksa printer secara menyeluruh untuk mengetahui apa yang terjadi para printer kita tersebut.

Cek sambungan kabel
Pertama tama kita mulai dengan memeriksa seluruh sambungan kabel printer yang ada. Kita periksa terlebih dahulu keadaan sambungan listrik yang ada, apakah normal seperti biasanya. Jika listrik tidak ada masalah maka kita periksa satu persatu kabel printer yaitu kabel daya dan kabel data pada printer. Periksa kabel yang ke sambungan listrik, apakah sudah terpasang dengan benar dan apakah tidak ada kerusakan. Bisa saja kabel colokan longgar atau tidak terpasang dengan benar sehingga printer tidak dapat menyala dan tidak mau mencetak. 

Setelah itu lakukan juga pemeriksaan pada kabel printer yang ke komputer atau laptop. Periksa keadaan kabel apakah tidak ada yang rusak dan sudah terpasang dengan baik. Untuk memastikan kita bisa mencabut terlebih dahulu kabel tersebut, memeriksa apakah ada kerusakan dan memasangnya kembali. Pada kasus tertentu bisa juga terjadi masalah seperti ini karena kabel ke komputer atau laptop tidak terpasang dengan benar. Untuk mengatasinya cabut dan pasang kembali dengan benar lalu coba hidupkan printer.

Kadang kita juga bisa lupa memasang kabel data tersebut jadi meski printer dalam keadaan on (hidup) namun tidak mau mencetak karena sambungan kabel ke komputer atau laptop tidak terpasang. Dengan memeriksa sambungan kabel tersebut mudah-mudahan printer kembali normal. Jika setelah di periksa namun masalah belum teratasi maka ada kemungkinan printer memiliki masalah lain. Kita bisa melakukan pemeriksaan selanjutnya.

Cek kondisi sebelum dan sesudah masalah terjadi
Jika terjadi masalah ini baik juga bagi kita untuk mengidentifikasi kerusakan dengan memeriksa kondisi sebelum dan sesudah printer error. Ingat kembali apa yang kita lakukan sebelumnya dengan printer tersebut, apakah sebelumnya printer bisa digunakan dengan normal. Setelah itu periksa juga kondisi terakhir yang terjadi, kita bisa mencari tahu "printer tidak mau mencetaknya seperti apa". Contohnya ada beberapa kondisi printer tidak mau mencetak antara lain:

1. Printer dalam keadaan mati dan tidak dapat mencetak
2. Printer hidup dan tidak mau mencetak
3. Printer hidup bisa mencetak tetapi hasilnya tidak ada sama sekali (hasil cetak putih semua)

Masing-masing keadaan di atas tentu memerlukan penanganan yang berbeda-beda satu dengan lainnya. Jika printer dalam keadaan mati dan tidak dapat mencetak maka ada kemungkinan sambungan kabel tidak terpasang dengan benar. Atau bisa juga karena ada kerusakan mainboard printer sehingga printer sudah tidak bisa dihidupkan. 

Jika printer dalam keadaan hidup tetapi tidak mau mencetak maka ada beberapa kemungkinan. Pertama bisa saja karena kabel data yang ke komputer atau laptop tidak terpasang dengan baik. Bisa juga kita mencetak bukan dengan printer yang terpasang tersebut (jika printer tidak terpilih sebagai dafault printer). Kemungkinan berikutnya bisa juga karena printer dalam keadaan paused dimana semua pencetakan akan ditunda. Untuk masalah ini kita harus set printer menjadi "ready".

Bisa juga printer kita mengalami masalah ketiga yaitu sebenarnya printer bisa mencetak tetapi tidak ada hasilnya (kertas hasil cetakan putih bersih seperti tidak ada tinta sama sekali). Untuk masalah ini biasanya terjadi banjir pada cartridge printer. Untuk mengecek dan mengatasi masalah ini coba buka cartridge dan bersihkan tinta yang melebar pada head cartridge.

Periksa kerusakan hardware
Kemungkinan selanjutnya yang dapat menyebabkan printer tidak mau mencetak adalah karena adanya kerusakan hardware atau perangkat keras printer. Jika memang terjadi masalah ini biasanya printer tidak dalam keadaan hidup, meski sudah ditekan berkali-kali tombol power-nya tetapi printer tetap tidak menyala, tidak ada indikator lampu yang hidup. Biasanya masalah ini disebabkan karena mainboard yang rusak.

Untuk masalah yang satu ini jika kita bukan ahli servis maka kita tidak dapat melakukan perbaikan sendiri. Untuk mengatasi masalah ini kita harus membongkar dan mengganti perangkat hardware yang rusak. Oleh karena itu sebaiknya - jika tidak biasa - kita lebih baik membawa printer tersebut ke tempat servis. Biaya servis printer seperti ini bisa bervariasi tergantung jenis kerusakan dan merk printer. Bisa mulai dari 100 ribu rupiah atau lebih, kita dapat menanyakan biaya servis printer tersebut langsung ke tukang servis yang bersangkutan.

Untuk mengatasi masalah yang terjadi pada printer kita tersebut kita dapat mengikuti Langkah yang di Lakukan jika Printer tidak Mau Mencetak di atas dan segera melakukan perbaikan sesuai gejala yang terjadi. Perlu diingat, sangat dianjurkan untuk membawa printer ke tempat servis jika kita memang belum begitu terbiasa mengatasi masalah-masalah printer yang terjadi kecuali jika kita memang ingin belajar dan siap berkorban jika ada kerusakan yang lebih parah karena kesalahan kita sendiri.