Printer yang Bagus untuk Cetak Foto

Ditulis oleh: Komputer Laptop Print -
Printer yang Bagus untuk Cetak Foto - Sedang mencari rekomendasi printer untuk cetak foto? Kebetulan situs khusus printer pada kesempatan ini akan berbagi mengenai jenis printer tersebut yaitu printer yang kualitas cetak gambar-nya lebih bagus jika dibanding printer lainnya.

Kalau yang bagus sebenarnya banyak namun pastinya kita akan mencari mana yang paling bagus untuk kita gunakan sebagai alat cetak foto yang berkualitas. Adakah printer yang bisa memberikan pengalaman cetak foto yang sangat maksimal seukuran pengguna fotografer profesional?

Ada yang mengatakan yang ini bagus tapi ada yang mengatakan yang ini juga bagus, terkadang kita bisa pusing untuk memilih Printer yang Bagus untuk Cetak Foto yang kita butuhkan.

Tentu saja, agar tidak terjadi hal demikian maka solusinya adalah kita bisa memperbanyak mencari informasi mengenai jenis atau merk printer yang diinginkan. Kita dapat membaca berbagai referensi seperti misalnya review printer, kelebihan kelemahan, suku cadang, spesifikasi dan lain sebagainya.

Terlepas dari semua itu baik tidaknya, bagus tidaknya adalah hak mutlak yang akan kita tentukan sendiri berdasarkan pertimbangan yang dimiliki.

Tulisan ini sebenarnya bukan murni ide situs ini namun tulisan ini dibuat berdasarkan keluh kesah seorang sahabat yang mengalami banyak kesulitan dalam memilih jenis printer yang diinginkan.

Printer yang dibutuhkan tersebut akan digunakan untuk kebutuhan khusus yaitu mencetak gambar atau foto, sedangkan dia mencari referensi di internet sampai beberapa kemungkinan seperti di bawah ini:

- Printer yang bagus untuk cetak foto
- Printer paling bagus untuk cetak foto
- Printer yang bagus untuk infus
- Printer yang bagus untuk cetak brosur
- Printer yang bagus untuk mahasiswa
- Printer yang bagus untuk percetakan
- Printer yang bagus untuk cetak gambar
- Printer yang bagus untuk kantor

Jelas sekali, kalau dilihat dari apa yang ia cari sepertinya ia memang mengalami kendala yang lumayan dalam menentukan printer mana yang akan di pilih. Oleh karena itulah catatan kecil ini diharapkan bisa menghindarkan kita semua dari kebingungan tersebut.

A. Tips Memilih Printer Bagus untuk Cetak Foto

Kita yang baru dalam masalah ini tentu terkadang bingung bagaimana seharusnya kita memilih printer yang akan khusus di gunakan untuk cetak foto. Tentu saja, memilih printer untuk cetak foto akan berbeda dengan memilih printer untuk kebutuhan cetak dokumen biasa. Masalahnya lalu apa saja yang harus kita pertimbangkan untuk memilih jenis printer foto tersebut?

Pertama, yang harus kita ketahui adalah bahwa untuk printer ini tentu kita membutuhkan jenis printer warna dan bukan jenis printer mono yang hanya mencetak dengan hasil cetakan warna hitam saja.

Maka dari itu kita harus tahu bahwa jenis printer yang akan kita pilih merupakan printer warna. Sebenarnya cara yang paling mudah untuk mendapatkan jenis printer bagus untuk foto adalah dengan membeli produk printer yang memang khusus untuk urusan ini.

Di pasaran ada banyak jenis printer khusus seperti ini yang memang ditujukan untuk kalangan fotografer profesional untuk mencetak hasil karya mereka.

Untuk printer foto profesional tersebut biasanya dari sisi nama sudah dapat kita bedakan dengan yang lain. Selain itu deskripsi produk juga akan memberikan gambaran lebih jelas mengenai fungsi printer khusus tersebut.

Meski begitu, jika sekali waktu kita perlu memilih jenis produk printer yang pasaran maka setidaknya kita dapat mempertimbangkan beberapa hal yang berkaitan dengan hasil cetak foto pada printer yang akan di pilih. Beberapa yang harus kita pertimbangkan dalam memilih printer foto bagus antara lain sebagai berikut:

a) Warna tinta yang dipakai
b) Kualitas hasil cetak
c) Daya tahan printer dan suku cadang

Perbedaan mencolok yang dapat kita lihat antara printer biasa dan printer yang bagus untuk foto antara lain dalam hal tinta yang dipakai. Jika pada printer biasa kita hanya menggunakan 4 buah warna pada printer foto biasanya tinta yang digunakan lebih banyak.

Misalnya ada dua warna tambahan. Dari sisi penggunaan tinta ini kita tentu dapat mengetahui jika kita memiliki printer yang tinta yang digunakan hanya 4 warna maka dapat dikatakan bahwa printer tersebut kurang begitu bagus untuk mencetak foto.

Jumlah tinta tersebut tentu akan mempengaruhi kualitas hasil cetak printer khususnya dalam hal warna yang dihasilkan. Karena di dukung dengan warna yang lebih banyak maka hasil cetak printer yang dihasilkan juga akan lebih mendekati warna yang sebenarnya.

Dalam memilih printer foto pertimbangan berikutnya adalah mengenai kualitas hasil cetakan yang dimiliki. Kalau yang khusus foto sudah tentu hasil warna gambar yang dihasilkan akan lebih bagus, berbeda dengan printer biasa. Kita dapat melihat hasil cetak warna yang dihasilkan lebih detail, lebih halus dan biasanya juga akan lebih tahan lama.

Pertimbangan berikutnya tentu pada daya tahan printer secara keseluruhan. Karena kita ingin mencari printer yang bagus maka sudah pasti daya tahan produk juga menjadi pertimbangan kita.

Kita juga perlu mempertimbangkan berbagai ketersediaan suku cadang dan perbaikan untuk printer tersebut. Jangan sampai kita membeli produk yang suku cadang nya terbatas sehingga jika terjadi kerusakan kita akan kesulitan dalam memperbaikinya.

B. Referensi Printer untuk Cetak Foto

Mana yang bisa di pilih, printer apa yang bagus untuk foto? Setelah kita membahas berbagai hal di atas sekarang tiba waktunya bagi kita untuk melihat beberapa referensi yang bisa kita pertimbangkan. Berikut ada beberapa jenis, tipe dan merek printer yang umumnya sudah terkenal bagus di kalangan pengguna untuk mencetak foto. Beberapa contoh printer untuk cetak foto tersebut sebagai berikut:
  1. Epson stylus photo R3000
  2. Epson L110
  3. Epson L800
  4. Epson Workforce 520
  5. Epson R230
  6. Epson T60
  7. Epson TX 121
  8. HP Deskjet K209
Tentu saja beberapa printer di atas hanya contoh saja untuk printer yang bisa kita gunakan untuk mencetak foto dengan kualitas yang lumayan.

Printer yang Bagus untuk Cetak Foto

Selain printer tersebut tentu masih ada banyak lagi printer yang dapat kita gunakan untuk kebutuhan tersebut. Sementara itu saja dulu, semoga informasi mengenai Printer yang Bagus untuk Cetak Foto tersebut bisa bermanfaat.