Permasalahan yang Dihadapi dalam Mencetak

Ditulis oleh: Komputer Laptop Print -
Permasalahan yang Dihadapi dalam Mencetak - Beberapa pembahasan terdahulu sudah panjang lebar mengupas tuntas masalah ini namun ada beberapa hal yang perlu dibahas lebih lanjut sebagai rangkuman atau acuan awal dalam melakukan segala aktivitas kita dengan mesin pencetak printer. 

Kita akan kembali membahas permasalahan dalam mencetak menggunakan printer. Yang akan kita bahas adalah gambaran umum berbagai masalah atau permasalahan yang bisa kita hadapi dalam hal mencetak dokumen.

Masalah yang bisa saja kita hadapi dalam hal ini bisa datang dari alat atau mesin printer yang digunakan dan bisa juga datang dari kemampuan kita sebagai pengguna. Ada kendala-kendala yang bersifat teknis dan juga kendala yang bersifat non teknis. 

Semua akan kita bahas satu persatu agar kita bisa mengantisipasi berbagai permasalahan tersebut. Lalu apa saja permasalahan yang dihadapi dalam mencetak menggunakan printer, berikut penjelasan lengkapnya.

Printer adalah alat atau mesin cetak yang mampu memberikan kemudahan dalam mencetak berbagai dokumen yang kita butuhkan. 

1) Tulisan tidak muncul saat di print
2) Printer ready tapi tidak bisa ngeprint
3) Mengatasi dokumen word yang tidak bisa di print
4) Printer tidak bisa mencetak halaman tertentu
5) Printer tidak bisa mencetak semua halaman
6) Print out tidak sama dengan print preview
7) Printer tidak merespon perintah print
8) Cara menghilangkan print to file

Meski demikian, dalam mencetak menggunakan printer kita juga bisa menghadapi berbagai permasalahan yang harus bisa kita hadapi. Berbagai permasalahan berkaitan dengan pencetakan dokumen tersebut dijelaskan sebagai berikut!

A. Masalah dengan tinta printer

Hal pertama yang sering menjadi permasalahan dalam mencetak adalah mengenai tinta printer. Yang menjadi masalah disini adalah dalam proses pengisian tinta jika tinta sudah habis digunakan. Untuk printer baru biasanya tinta akan segera habis jika sudah digunakan. 

Selanjutnya kita harus bisa mengisi tinta tersebut sebelum bisa menggunakannya kembali. Yang sering menjadi masalah adalah proses pengisian tinta tersebut sedikit sulit, apalagi bagi kita yang belum terbiasa menggunakan dan mengisi printer.

Hal tersebut bisa menjadi kesulitan tersendiri bagi kita dalam menggunakan printer untuk kebutuhan mencetak. Sering kali kita harus susah payah membawa printer kita ke tempat pengisian tinta yang jauh dari rumah, ini tentu menjadi masalah bagi kita. 

Untuk masalah ini kita bisa mengatasinya dengan cara belajar melakukan pengisian tinta sendiri di rumah. Dengan begitu kita tidak akan mengalami kesulitan karena harus bergantung kepada jasa pengisian tinta.

Meski tidak begitu gampang namun belajar mengisi tinta printer sendiri akan mencegah kita dari masalah dengan tinta tersebut di kemudian hari. Jadi ini merupakan solusi yang cukup bagus dan bijaksana untuk dilakukan.

Selain pengisian, masalah dengan tinta bisa juga terjadi ketika hasil cetakan warna tinta tidak begitu memuaskan dan tidak seperti yang diharapkan. Bisa saja dalam hal ini cetakan printer hasilnya tidak jelas, bergaris, pudar dan lain sebagainya. 

Untuk menghindari hal tersebut kita hendaknya membiasakan diri untuk selalu mengganti tinta dengan merk standar asli yang direkomendasikan.

B. Masalah kertas atau media cetak

Ada juga permasalahan yang berkaitan dengan kertas atau media cetak. Kadang kita mendapati kertas terlipat dan macet di dalam printer. Istilah ini sering disebut dengan papar jam dimana kertas terjepit di dalam mesin printer. 

Kalau terjadi masalah kertas seperti ini tentu mau tidak mau kita harus mengambil kertas tersebut dari dalam printer. Jangan sampai ada yang tertinggal, harus dipastikan semua sobekan kertas tidak ada satu pun yang tertinggal di dalam printer karena hal ini bisa menjadikan masalah lain.

Untuk mengambil kertas yang terjepit kita bisa membuka cover printer dan mengangkat kertas tersebut. Lakukan secara perlahan dan searah dengan keluarnya kertas dari mesin printer. Lakukan dengan hati-hati dan jangan sampai ada kertas yang tertinggal di dalamnya.

Masalah kertas terjepit ini bisa terjadi karena posisi penempatan kertas yang tidak sesuai pada tatakan, bisa miring atau kurang masuk. Selain itu bisa juga karena kertas yang dipakai sudah tidak layak untuk digunakan., misalnya saja sudah kusut.

Untuk menghindari atau mengatasi masalah kertas ini kita harus memastikan penempatan kertas sudah benar-benar baik. Gunakan kertas yang masih bagus, tidak kotor atau ada lipatan-lipatan kusut yang bisa menyebabkan kertas tidak dapat ditarik dengan lancar.

C. Masalah kerusakan printer

Kerusakan komponen merupakan masalah yang biasanya tidak akan bisa kita tangani sendiri. Masalah kerusakan hardware ini membutuhkan penanganan khusus dari ahli karena akan melibatkan proses pembongkaran printer dan penggantian suku cadang. Kerusakan komponen bisa terjadi pada bagian manapun, yang paling sering biasanya pada komponen cartridge, handler, board dan lain sebagainya.

Jika terjadi masalah kerusakan seperti ini sebaiknya kita baca saja ke tempat servis yang lebih tahu bagaimana memperbaikinya. Jangan lakukan perbaikan sendiri jika tidak memungkinkan, kecuali jika kita memang ingin belajar melakukannya dengan menanggung semua resiko yang bisa terjadi.

Selain itu baca juga:
  1. Cara Memasang Ink Stabilizer pada Infus Printer
  2. Cara Memperbaiki Cartridge Printer Canon
  3. Cara Memperbaiki Printer Normal Tapi Tidak Bisa Mencetak
  4. Cara Mengatasi Canon IP2770 Mati Total
  5. Cara Mengatasi Eror Printer Epson T13 Lampu Tak Berkedip
  6. Cara Mengatasi Error 6A80 Pada Canon IP3680 Blinking
  7. Cara Mengatasi Error E3 Canon MP160
  8. Cara Mengatasi Error P03 (E3) Canon MP258
  9. Cara Mengatasi Error Pada Printer Epson TX111
  10. Cara Mengatasi Error Saat Reset Canon IP2770
  11. Cara Mengatasi Error Tinta (Ink has Run Out) Canon IP 2770
  12. Cara Mengatasi Hasil Cetak Epson R230x Infus Pudar dan Bergaris
  13. Cara Merawat Printer Infus agar Lebih Awet
  14. Cara Merawat Printer agar Awet
  15. Cara Perbaiki Cetak Foto Bergaris di Printer Canon 2270
  16. Cara Reset Canon MX360, MX366 Ink Absorber is Almost Full
  17. Cara Reset Canon ip2770 Error Print 5200
  18. Cara Reset Error E8 Canon Mp145 Yang Mudah
  19. Cara Reset Printer Canon Pixma MP258
  20. Data Tidak Bisa Terkirim ke Printer
  21. Kode Error Canon MP270 MP250 dan Cara Mengatasinya
  22. Masalah Hasil Cetak Printer dan Cara Mengatasinya
  23. Mengatasi Cetakan Print Terlalu Basah
  24. Mengatasi Epson L110 Tinta Warna Tidak Keluar (Bocor)
  25. Mengatasi Hasil Cetak Bergaris Printer
  26. Mengatasi Printer Tinta Hitam Tidak Keluar
  27. Mengatasi Printer Tinta Warna Tidak Keluar
  28. Panduan Cara Reset Ink Level Printer Epson L100 yang Mudah
  29. Panduan Cara Servis Canon MP287 tidak Menyala
  30. Penyebab Cartridge Cepat Rusak
  31. Penyebab Printer Hasil Print Merah
  32. Perbaikan Error Setelah Isi Tinta Printer
  33. Printer Tidak Bisa Mencetak dan Solusi
  34. Solusi Mengatasi Printer Hp Deskjet Selalu Menarik Kertas

Untuk menghindari masalah kerusakan komponen ini sebaiknya kita menggunakan printer dengan bijaksana, mulai dari lama penggunaan dalam satu hari, beban cetak, perawatan dan lain sebagainya. Perhatikan juga keadaan arus listrik yang digunakan, usahakan memakai stabilizer agar tegangan listrik bisa stabil.

D. Masalah proses pencetakan

Masalah proses pencetakan biasanya juga sering terjadi khususnya jika kita belum begitu menguasai bagaimana cara menggunakan printer. Terkadang kita tidak tahu bagaimana cara mencetak dokumen dari word, dokumen online, dokumen gambar atau foto dan lain sebagainya. 

Kadang kita juga tidak tahu berbagai macam ukuran kertas yang sesuai dengan dokumen yang akan dicetak.

Permasalahan yang Dihadapi dalam Mencetak

Cara mengatasi masalah proses pencetakan tidak ada jalan lain kecuali belajar. Kita bisa belajar dan membaca berbagai informasi yang berkaitan dengan bagaimana cara mencetak. Bisa melalui buku maupun sumber online seperti pada situs ini. 

Dengan begitu di kemudian hari kita akan lebih pandai dan tidak akan mengalami masalah dalam hal mencetak.

Itu saja sedikit tentang Permasalahan yang Dihadapi dalam Mencetak (Print). Semoga bisa menambah pengetahuan kita semua. Untuk melengkapi informasi ini mari kita baca beberapa artikel lain di bagian akhir tulisan ini.